23 November 2018

Pekerja sektor publik NSW diberikan 10 hari cuti kekerasan dalam rumah tangga

PERINGATAN Terjemahan ini dilakukan mesin. Ma'af ada kesalahan terjemahan. Sumber asli

Karyawan sektor publik NSW, termasuk guru, perawat dan polisi, akan dapat mengambil hingga 10 hari cuti kekerasan dalam rumah tangga mulai tahun depan. Menteri Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pru Goward, yang mengumumkan kebijakan tersebut pada hari Kamis, mengatakan bahwa cuti tersebut adalah "respons yang pas dan tepat" terhadap kekerasan dalam rumah tangga dan akan memungkinkan para korban untuk "melanjutkan hidup mereka".


"Ini adalah 10 hari cuti berbayar yang akan memungkinkan orang-orang yang melarikan diri dari kekerasan domestik untuk menghadiri pengadilan, untuk naik ke pengadilan tanpa takut kehilangan pendapatan, untuk dapat menegosiasikan perumahan baru, sekolah baru untuk anak-anak mereka," kata Menteri. Ms Goward mengatakan hak cuti akan berlaku untuk semua pekerja di sektor publik NSW, dengan kebijakan yang mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2019.


"Ini berarti untuk pertama kalinya itu akan mencakup guru, polisi dan perawat yang umumnya tidak dianggap berada di dalam pengaturan Undang-Undang Layanan Umum," katanya. Karyawan sektor publik NSW yang mengalami kekerasan domestik saat ini terbatas pada lima hari "cuti khusus" setiap tahun, yang hanya dapat diakses setelah semua hak cuti lainnya habis.

Ms Goward mengatakan biaya kebijakan akan ditentukan oleh serapan cuti, tetapi data yang ada menunjukkan itu akan menjadi "biaya sederhana" untuk diserap oleh departemen pemerintah.

"Apa yang kami ketahui sudah lebih dari satu persen cenderung menggunakan cuti semacam ini di mana yang sudah disediakan, dan jumlah rata-rata cuti yang mereka ambil adalah dua setengah hari," kata Ms Goward.

Sejumlah negara lain telah memperkenalkan bentuk cuti kekerasan dalam rumah tangga berbayar, termasuk Victoria, yang menawarkan pekerja sektor publik 20 hari.

Oposisi Tenaga Kerja NSW memperkenalkan RUU ke Parlemen NSW bulan lalu yang mengusulkan melembagakan 10 hari perlindungan dalam rumah tangga kepada karyawan sektor swasta dan publik, setelah berkomitmen pada kebijakan tersebut pada bulan Desember 2017.

Di bawah Undang-Undang Pekerjaan Adil federal, negara-negara memiliki kekuasaan untuk membuat undang-undang hak cuti bagi korban kejahatan, termasuk kekerasan domestik.

Namun Ms Goward mengatakan bahwa pemerintah NSW telah "tidak memiliki yurisdiksi" atas karyawan sektor swasta karena negara-negara telah merujuk kekuatan hubungan industrial mereka ke Persemakmuran.

"Setiap saran yang kami di NSW dapat undang-undang untuk memberikan cuti kekerasan dalam rumah tangga yang dibayar untuk karyawan sektor swasta adalah salah," kata Ms Goward.

Saat ini ada tagihan sebelum Parlemen Federal untuk memberikan hak kepada lima hari keluarga yang tidak dibayar dan kekerasan dalam rumah tangga diserahkan kepada semua karyawan di bawah Undang-undang Pekerjaan yang Adil.

Ms Goward mengatakan pemerintah telah menerima saran bahwa RUU ini, jika disahkan, "akan mengesampingkan ketentuan yang kami buat di NSW di bawah Undang-Undang kami."

RUU federal memperpanjang keputusan Komisi Pekerjaan yang Adil pada bulan Juli, yang menetapkan bahwa semua karyawan, termasuk mereka yang berada di sektor swasta, harus memiliki akses ke lima hari cuti yang belum dibayar untuk menangani keluarga dan kekerasan domestik.

Semua penghargaan industri dan pekerjaan - tetapi tidak yang dicakup oleh penghargaan perusahaan atau penghargaan sektor publik referensi negara - sekarang termasuk klausa baru yang memberi hak kepada karyawan untuk lima hari cuti kekerasan dalam rumah tangga yang belum dibayar.

https://www.smh.com.au/politics/nsw/nsw-public-sector-workers-granted-10-days-paid-domestic-violence-leave-20181115-p50g5l.html

No comments: